Sedikit Tentang Kehamilan

Pada masa-masa kehamilan, anda akan senantiasa dipengaruhi oleh rasa keingintahuan yang besar, harapan, dan juga rasa takut. Anda juga akan selalu ingin mencari informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kehamilan. Apalagi jika ini adalah kehamilan pertama anda. Di sini saya akan sedikit mengulas mengenai beberapa hal yang berhubungan dengan kehamilan yang sering dikhawatirkan oleh kebanyakan orang.

Tes Kehamilan
Mungkin pada zaman sekarang ini, anda akan berfikir bahwa kehamilan dapat diketahui melalui bertambahnya nafsu makan atau mungkin berdasarkan haid yang terlambat. Tapi tidak sesederhana itu karena pada beberapa tahap, pemeriksaan terhadap air seni juga harus dilakukan. Kemungkinan tertinggi dilaksanakannya tes kehamilan setelah satu minggu terlambat haid adalah sebanyak 97 persen.
Wanita hamil memerlukan asupan vitamin yang lebih banyak daripada wanita yang sedang tidak hamil. Selain dengan diet gizi, asupan vitamin bagi wanita hamil harus diatur dengan baik. Oleh sebab itu, mengetahui kehamilan anda lebih dini akan lebih baik sehingga anda bisa mengkonsultasikannya dengan bidan atau dokter kandungan anda.

Menjadi seorang ibu
Jika anda telah merasakan detak jantung janin, maka resiko keguguran turun 5 persen. Bayi akan aktif bergerak di minggu keduapuluh empat dan dua puluh delapan. Jika anda tidak merasakan tendangan dari perut anda pada minggu-minggu tersebut, sebaiknya anda pergi ke dokter kandungan.
Jika anda tidak mengalami perdarahan atau kram perut, maka kemungkinan anda juga tidak mengalami keguguran. Kurangi pekerjaan berat dan yang terlalu banyak menyita tenaga. Hindari pikiran-pikiran yang dapat menimbulkan stress. Perbanyak senyum dan berfikir positif. Tahukah anda bahwa tertawa menurunkan tingkat hormone stress dan menguatkan system kekebalan tubuh.

Perubahan bentuk tubuh
Tentunya anda juga sudah mempunyai bayangan tersendiri tentang perubahan bentuk tubuh anda selama kehamilan nanti. Tubuh anda akan mengalami pembengkakan di sana-sini, rambut rontok, pantat keriput, gusi berdarah. Seperti halnya rasa pahit di mulut, payudara yang terasa sakit dan bengkak, frekwensi buang air kecil yang sangat berlebihan. Juga di masa-masa awal kehamilan, adalah hal yang biasa bagi wanita hamil memproduksi banyak air liur. Meskipun terlihat tidak menyenangkan, tapi hal-hal itu sama sekali tidak berbahaya dan biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan. Anda dapat mengurangi frekwensi anda ke kamar mandi jika mengurangi konsumsi kopi, teh, dan minuman yang mengandung alcohol (sebaiknya anda tidak minum minuman yang mengandung alcohol).
Banyaknya berat badan yang harus anda peroleh tergantung pada berat badan anda sebelum hamil. Anda harus menambah berat badan sebesar:
   *12,5-17,5 kilogram, jika berat badan anda ideal (tidak kurus juga tidak gemuk) sebelum anda hamil.
   *14-20 kilogram, jika berat badan anda kurang (kurus) sebelum anda hamil.
   *7,5-12,5 kilogram, jika berat badan anda berlebih (gemuk) sebelum anda hamil.

Mual muntah
Ini adalah salah satu hal yang sering terjadi pada awal-awal kehamilan, dimana pada malam sebelumnya anda tidak melakukan apa-apa dan hal itu menyebabkan anda mual esok paginya. Sebenarnya rasa mual itu bisa terjadi kapanpun, bisa pagi, siang, atau malam hari. Rasa mual ini dapat anda kurangi dengan beberapa cara misalnya dengan makan sedikit-sedikit tapi sering, makan roti kering atau biscuit. Jika mual dan muntah terlalu berlebih sehingga anda merasa sangat sakit dan anda tidak dapat melakukan aktivitas apapun, segera konsultasikan ke bidan dan dokter kandungan anda.

Berenang
Berenang adalah kegiatan yang baik untuk ibu hamil. Jika anda dapat mengumpulkan tenaga, sebaiknya anda berenang setidaknya selama duapuluh menit setiap hari. Berenang dipagi hari akan mencegah mual dan membuat anda merasa bugar sepanjang hari.

Membaca informasi-informasi tentang kehamilan
Setelah mengetahui bahwa anda hamil, anda merasa harus aktif mencari segala macam informasi yang berkaitan dengan masalah kehamilan. Anda bisa menanyakannya pada ibu, saudara, atau teman anda. Anda juga bisa memperoleh informasi yang lengkap dari buku. Tapi sebaiknya jangan terlalu banyak membaca informasi. Mengetahui banyak hal tentang kehamilan dan mendapatkan terlalu banyak informasi tentang kehamilan adalah dua hal yang berbeda. Yang harus anda ketahui adalah dasar-dasar kehamilan, bukan informasi yang menakutkan tentang kehamilan itu sendiri. Jika anda ingin mendengarkan pengalaman bersalin orang lain maka anda harus benar-benar menyaring informasi itu agar anda dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam proses bersalin nanti.

USG
Seorang pasien pernah berkata, “sebenarnya, saya hanya melihat bentuk yang tidak jelas, garis acak-acakan. Saya merasa malu karena tidak bisa mengenali anak saya sendiri meskipun saya sudah melihat gambarnya.”
Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Terkadang janin berada dalam posisi yang sulit untuk discan sehingga gambarnya juga tidak jelas. Dan jika anda ingin melihatnya sekali lagi itu adalah hal yang normal dan wajar. Anda tidak perlu malu. Banyak hal-hal penting yang bisa anda peroleh dari USG selain mengetahui jenis kelamin bayi. Misalnya posisi bayi, posisi placenta atau ari-ari, jumlah air ketuban, perkiraan berat bayi, usia kehamilan, sampai tafsiran persalinan.
Ada juga pasien yang mengeluh mengenai gel yang dioleskan di perut. Benar-benar tidak nyaman. Gelombang ultrasound tidak beredar dengan baik di udara. Oleh karena itulah harus dioleskan gel di perut anda. Dan itu mungkin akan membuat anda terasa sedikit kedinginan. Gel itu membantu pengaliran udara ke dan dari transducer.

Mengidam
Tahukah anda bahwa ternyata mengidam tidak hanya dialami oleh seorang wanita yang hamil. Ibu saya pernah bercerita bahwa saat beliau hamil saya dulu, ayah sayalah yang mengalami ngidam, bukan ibu saya.
Couvade/ ngidam (sindrom) memang mungkin dialami oleh calon ayah. Frekwensi dari ngidam ini memang tidak diketahui, tetapi beberapa peneliti memperkirakan bahwa ngidam dialami oleh 11 persen sampai 65 persen calon ayah.

Berkomunikasi dengan bayi

Mengajak bayi berbicara adalah hal penting yang harus dilakukan oleh seorang ibu. Bayi yang berada di dalam kandungan dapat mendengar banyak hal. Anda mungkin tidak mempercayai hal itu, tapi bagaimanapun anda harus mencobanya. Menurut peneliti, janin yang siap lahir tidak hanya dapat mendengar suara ibunya tapi dia juga dapat membedakan suara ibunya dengan wanita lain dan akan bereaksi ketika mendengar suara itu.

Kecantikan wanita hamil
Beberapa orang akan berfikir jika seorang wanita yang sedang hamil tidak bisa terlihat segar, sehat. Matanya akan terlihat bengkak dan atau rambutnya acak-acakan. Pendapat itu adalah salah.  Semua kehamilan menampakkan segala hal yang anda punya. Jadi wanita yang berwajah cantik dan segar juga masih akan terlihat cantik dan segar saat dia hamil. Anda tidak perlu merasa enggan untuk keluar rumah ketika sedang hamil.
Suami anda mungkin adalah orang terbaik yang dapat meyakinkan anda bahwa anda tetaplah orang yang menarik seperti sebelumnya.

Perhatian-perhatian menjelang kelahiran

Pada minggu ketigapuluh delapan, waspadailah tanda-tanda kelahiran, misalnya pendarahan, mengeluarkan banyak cairan. Banyak wanita hamil mengalami diare sebelum melahirkan. Dan yang harus anda waspadai adalah terjadinya kontraksi.

Hadiah-hadiah untuk bayi
Beberapa tips untuk merawat mainan-mainan yang sudah anda siapkan untuk bayi anda:
* Ikutilah rekomendasi pabrik mainan karena biasanya rekomendasi itu sangat memperhitungkan unsur keamanan dan perkembangan anak
* Ikatlah plastic pembungkus mainan itu erat-erat lalu buanglah. Begitu pula dengan pita yang biasanya juga digunakan sebagai pembungkus mainan, karena biasanya digunakan untuk permainan yang membahayakan, misalnya menjerat leher dengan pita tersebut.
* Sering-seringlah mengecek mainan anak-anak anda kalau-kalau ada bagian yang tajam atau rusak.
* Jangan memberikan mainan-mainan kecil pada anak-anak yang usianya dibawah tujuh tahun.
* Pastikanlah bahwa mainan yang biasanya digunakan oleh anak yang usianya lebih besar tidak digunakan oleh saudaranya yang usianya lebih kecil.

Lamanya waktu hamil
Sembilan bulan kehamilan adalah hitungan yang sering digunakan orang untuk menghitung kehamilan dan memperkirakan hari kelahiran. Tidak sedikit orang yang merasa khawatir ketika bayinya belum juga lahir ketika kehamilannya sudah lewat Sembilan bulan. Adapula seorang wanita hamil yang beranggapan bahwa hamil selama Sembilan bulan adalah jangka waktu yang lama. Kebanyakan ahli kesehatan berpendapat bahwa lamanya kehamilan adalah empat puluh minggu, mulai dari tanggal terakhir menstruasi anda. Waktu itu sama dengan 280 hari.
Hanya lima persen wanita yang melahirkan tepat pada waktunya. Tetapi jika anda lupa kapan terakhir kali anda menstruasi atau jadwal menstruasi anda tidak teratur, maka bayi anda akan lahir dalam jangka waktu dua minggu dari jadwal yang seharusnya.

Beraktivitas selama kehamilan
Jangan biarkan kehamilan anda menjadi penghalang segala aktivitas dan minat-minat anda. Anda tetap bisa menjalankan aktivitas anda seperti biasanya. Tetapi anda juga harus memperhatikan kesehatan tubuh anda, terutama menjaga normalnya tekanan darah dan pola tidur anda.
Cobalah untuk menyibukkan diri anda dengan berbagai macam aktivitas yang menarik perhatian anda sebelum anda tidak sempat melakukannya karena disibukkan dengan mengurus bayi anda.
Jangan khawatir anda akan mengalami sakit punggung ketika melakukan aktivitas. Anda dapat melatih tubuh anda dengan senam kegel atau regangan. Berlututlah dengan tangan dan kaki anda dengan posisi kepala sejajar dengan punggung anda. Tariklah perut anda, lengkungkanlah tubuh anda. Bertahanlah dalam posisi itu selama beberapa detik, kemudian istirahatkan perut dan punggungan anda. Lakukanlah gerakan itu sebanyak lima kali. Lakukanlah perlahan-lahan sampai sepuluh kali.

“Indahnya” kamar bersalin
Banyak wanita yang akan melahirkan di kamar bersalin beranggapan bahwa mereka tidak dapat ditemani oleh suami ata anggota keluarga lainnya. Oleh karena itulah beberapa rumah sakit atau klinik bersalin mendesain kamar bersalin khusus yang kesannya tidak menakutkan. Ruangan yang lebih mirip dengan kamar tidur biasa, dengan bangku-bangku dan pegangan tangan sehingga anda dapat mencoba berbagai macam posisi selama proses persalinan. Dan tempat tidurnya juga cukup besar untuk menampung anda, suami anda, dan keluarga anda.

Durasi melahirkan
Mengapa harus mengkhawatirkan masalah ini? Durasi melahirkan bukanlah sebuah kompetisi, jadi anda tidak perlu bersusah payah adu cepat dalam melahirkan. Melahirkan selama tiga jam lebih lama atau lebih cepat dibandingkan dengan wanita hamil lainnya yang kebetulan juga sedang melahirkan persis di samping anda tidaklah membuat anda menjadi orang yang lebih baik.
Durasi melahirkan berbeda-beda bagi setiap wanita hamil. Rata-rata proses melahirkan butuh waktu duabelas sampai enambelas jam untuk anak pertama. Sedangkan untuk anak-anak berikutnya, waktunya lebih cepat.

Mengapa menjadi kacau?
Anda mungkin pernah merasakan hal ini. Di dalam kondisi normal anda dapat makan dengan baik, tidak tumpah kemana-mana. Anda juga bisa minum dengan baik tanpa tumpah kemana-mana. Tapi ketika anda hamil, mengapa keadaannya menjadi kacau?
Itu disebabkan karena anda membawa beban yang berat. Berat badan anda bertambah. Hormone kehamilan membuat jari-jari anda, jempol anda, dan tulang-tulang sendi lainnya menjadi kendor. Selama trimester pertama dan kedua kehamilan, hormone relaksin akan lepas sehingga perut andapun terasa “longgar”. Hormone inilah yang menyebabkan anda menjadi sedikit ceroboh dalam memegang barang-barang. Keseimbangan tubuh anda dan kemampuan anda untuk menggerakkan tangan akan kembali normal setelah melahirkan nanti.

Memanfaatkan waktu tidur
Mengapa anda selalu terjaga, tidak dapat tidur nyenyak sehingga anda selalu merasa lelah? Gunakanlah ruang tidur hanya untuk tidur saja. Jangan pernah menggunakannya untuk menonton televise, membaca buku atau majalah, terlebih untuk bekerja. Dan jangan berbaring di tempat tidura dalam keadaan tidak mengantuk selama lebih dari lima belas menit atau dua puluh menit karena hal itu akan membuat anda berfikir bahwa berbaring di kasurpun tidak sanggup membuat anda tidur.
Gunakanlah banyak bantal untuk membantu mengurangi sakit punggung dan membantu anda tidur nyenyak. Letakkanlah bantal diantara kedua lutut anda juga di bawah perut anda agar anda nyaman.

Bangunan tinggi = ancaman untuk wanita hamil

Bangunan-bangunan bertingkat seringkali menjadi mimpi buruk bagi wanita hamil. Mereka harus berjalan terengah-engah, penuh tenaga untuk sampai ke lantai atas dengan selamat.
Berdasarkan salah satu penelitian, wanita hamil yang tidak berolahraga secara teratur, hormone endorphinnya akan meningkat sebanyak 2,5 persen. Wanita-wanita hamil yang mempunya kondisi fit akan mengeluarkan banyak beta endorphin, oleh karena itu sakit yang mereka rasakan saat melahirkan juga tidak terlalu berat.
Ketika tubuh anda semakin membesar, pusat gravitasi anda juga akan berpindah. Usahakan untuk selalu bersandar pada bangku, kursi, atau dinding untuk menyangga tubuh anda ketika anda berolahraga untuk menguatkan tubuh.

Kontraksi Braxton hicks

Kontraksi Braxton hiks adalah kontraksi yang tak teratur dan sering diberi istilah kontraksi palsu. Wanita hamil yang bukan untuk pertama kalinya akan lebih sering mengalami kontraksi Braxton hicks. Sedangkan wanita yang hamil untuk pertama kalinya tidak pernah mengalami kontraksi Braxton hicks.

Gambaran tubuh wanita hamil

Saat usia kehamilan anda telah memasuki trimester ketiga, saat itulah anda akan merasa bahwa tubuh anda benar-benar “membengkak”. Mulai dari bagian dada sampai ke kaki, rasanya semuanya “membengkak”.
Bertambahnya ukuran bra anda tidak hanya disebabkan oleh besarnya payudara anda saja, tetapi juga rongga tulang iga anda. Saat anda hamil, kapasitas paru-paru anda juga meningkat sehingga anda dapat menghirup ekstra oksigen untuk anda sendiri dan juga untuk bayi anda. Banyaknya asupan udara itu akan membuat payudara anda membesar.
Wanita akan selalu peduli dengan noda ditubuhnya, terlebih dengan banyaknya guratan-guratan yang menghiasi tubuhnya. Anda tidak usah mengkhawatirkannya. Guratan-guratan adalah hal yang wajar saat kehamilan. Sekitar 50-90 persen wanita hamil akan mendapatkan guratan-guratan pada perut, dada, paha, atau bahkan pantat.

Insting keibuan
Insting untuk mengatur semuanya dengan rapi dan teratur, keinginan untuk membersihkan, mengatur, dan mendekorasi rumah sebelum kelahiran bayi bukanlahhanya mitos belaka. Biasanya keinginan ibu terasa lebih kuat sebelum bayi lahir.
Selain itu, berita kelahiran akan cepat menyebar. Jika anda dapat, siapkanlah semuanya di minggu-minggu terakhir dalam kehamilan. Sehingga anda tidak akan terlalu repot jika sepulang dari melahirkan nanti banyak saudara dan orang-orang terdekat yang berkunjung ke rumah anda.

Barang-barang yang harus anda siapkan
Yang minimal harus anda siapkan untuk anda bawa ke rumah sakita atu klinik bersalin saat waktu persalinan anda telah tiba:
a. Untuk ibu
   · Baju ganti yang longgar beserta dalaman
   · Sandal dan kaus kaki
   · Handuk mandi
   · Pembalut
   · Peralatan mandi (sabun, sikat gigi, pasta gigi, shampo)
   · Peralatan make up (sisir, bedak, lotion, kaca kecil, tali rambut)
b. Untuk bayi
   · Popok, gurita
   · Baju bayi
   · Kaus tangan dan kaus kaki
   · Topi
   · Kain untuk gedong
   · Bedak bayi
   · Sabun, shampo bayi
   · Handuk

Ketegangan menjelang kelahiran
Menjelang melahirkan, kebanyakan wanita hamil menjadi seorang yang pelupa. Mungkin disebabkan karena ketegangan yang mereka rasakan, banyaknya hal yang mereka pikirkan. Diskusikan kepada orang yang berpengalaman untuk mengetahui daftar barang-barang yang harus anda bawa ke rumah sakit sebelumnya untuk menghindari adanya barang yang terlupa untuk dibawa.

Saatnya melahirkanpun tiba
Saat anda terbangun dipagi hari, di hari seharusnya anda melahirkan bayi anda sesuai perkiraan dokter, disaat inilah hidup anda akan berubah selamanya. Anda akan menjadi seorang ibu hari ini. Kemudian perasaan gembira dan khawatir akan datang sekaligus. Anda akan mulai berfikir, “apakah bayi saya akan lahir hari ini? Apakah saya masih harus menunggu beberapa hari lagi dan tentunya akan ada masalah jika bayi saya tidak cepat lahir?”
Seorang wanita yang akan menjadi ibu untuk pertama kalinya bisa dipastikan akan melahirkan sepuluh hari atau lebih dari jadwal yang seharusnya. Bayi akan berada lama di dalam kandungan jika usia ibunya sekitar dua puluh Sembilan tahun. Jadi itu bukan karena faktor bayinya tapi faktor ibunya.
Menurut perhitungan medis, jadwal anda melahirkan melebihi empat puluh tiga minggu. Segala hal yang terjadi antara minggu ketigapuluh depalan dan minggu keempat puluh dua adalah masalah “melahirkan tepat waktu” dan “terlambat melahirkan”. Solusi terbaik adalah konsultasikan kehamilan anda pada bidan atau dokter kandungan anda.

Dan akhirnya......
Setelah lama menunggu, akhirnya tiba juga saat bayi anda akan lahir. Saat itu anda tidak akan lagi mempedulikan saat-saat tidak menyenangkan yang mungkin pernah anda alami pada saat anda hamil dulu. Yang anda pikirkan adalah proses melahirkan dapat segera berakhir dan anda dapat segera bertemu dengan bayi anda.
Kehamilan selalu menjadi fenomena langit-penuh dengan ketidak pastian dan keajaiban. Hanya seorang wanita yang menjadi calon ibu yang dianugrahi mukjizat ini dan oleh karenanya bisa mengalaminya. Bersyukurlah karena anda menjadi bagian dari lingkungan elit ini.

Daftar pustaka:
Nash M. D., Barbara 101. Why I hate pregnancy. Harper Resources, 2005

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Numa Numa